Belajar Hal Baru Bantu Jaga Kesehatan Otak Lansia

plb_131127_belajar

Sejumlah penelitian menjelaskan, bermain puzzle dan teka teki silang akan mengurangi risiko pikun, khususnya pada lansia. Sebuah studi yang dilakukan di University of Texas ini menemukan bahwa bermain puzzle saja belum cukup untuk mempertajam memori. Mereka menjelaskan, orang yang berusia 60 tahun harus diajari keahlian baru untuk meningkatkan memori jangka panjangnya. Dan ternyata, fotografi termasuk di antaranya.

Dikutip dari situs Digital Trends, Ahad, 24 November 2013, studi ini memantau 221 peserta yang berusia antara 60 dan 90 tahun. Peserta itu kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan kegiatan sederhana, misalnya bermain puzzle dan mendengarkan musik klasik, sementara sisanya diajak belajar ilmu digital fotografi, merajut, melukis, dan hal-hal lain yang membutuhkan “tantangan” mental secara berkelanjutan. Peneliti mengawasi selama 15 jam seminggu dalam waktu tiga bulan.

“Kita perlu, sebagai masyarakat, untuk belajar bagaimana menjaga kesehatan pikiran, seperti kita menjaga tubuh dengan diet dan olahraga,” kata kepala penelitian, dr Denise Park.

Dari hasil belajar ditemukan, berdasarkan pembagian kelompok belajar itu, kemampuan otak pada mereka yang diberikan pelatihan dan pelajaran baru akan terus membaik dan meningkat. Melihat hasil tersebut, Park dan timnya berencana terus memantau peserta dalam kurun waktu lima tahun ke depan untuk memastikan keberhasilan studi ini.

Menerima dan belajar hal baru merupakan kemampuan alami bagi manusia. Tapi, bagi lansia, jelas ini bukanlah hal mudah. Namun, jika dilakukan secara terus-menerus, kemampuan ingatan jangka panjang lansia akan lebih baik. Park juga menambahkan, dorongan dari keluarga pada lansia untuk terus belajar juga sama pentingnya. Dorongan dari keluarga akan memunculkan motivasi bagi para lansia agar terus mau belajar.

Sumber: Tempo.co 26/11/13

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s