Tidurlah yang baik!

lansia_130510_tidur bakBanyak bapa/ibu Lansia percaya bahwa mereka mempunyai masalah tidur. Mereka khawatir bahwa mereka tidak mendapatkan cukup tidur. Pemahaman yang lebih baik tentang tidur dapat membantu meringankan kecemasan ini.
Kurang Tidur

Beberapa orang tua berpikir bahwa mereka menderita insomnia karena mereka tidur kurang dari sebelumnya. Bahkan, ketika orang bertambah tua, pola tidur mereka sering berubah, misalnya, waktu tidur total dapat memendek, proporsi “tidur-tiduran ayam” dapat meningkat dan mereka dapat dengan mudah terbangun. Perubahan ini sering terjadi dan tidak sama dengan insomnia atau masalah tidur.
Tidur dan Kesehatan

Beberapa orang tua berpikir bahwa delapan jam diperlukan untuk menjaga kesehatan. Dengan demikian, mereka dapat “berbaring” di tempat tidur untuk waktu yang lama untuk memastikan mereka memiliki cukup tidur.
Namun, praktek ini tidak akan meningkatkan total waktu tidur mereka; lebih jeleknya, kualitas tidur dapat merusak (misalnya berbaring terjaga di tempat tidur).
Sebenarnya, total waktu tidur yang dibutuhkan bervariasi antara individu. Jika orang tua merasa segar setelah bangun, berarti cukup tidur.
Oleh karena itu, orang tua harus pergi ke tempat tidur hanya ketika mereka merasa mengantuk. Tidak perlu mengikuti aturan kaku delapan jam tidur.
Tidur siang

Beberapa orang tua mengambil tidur siang untuk mengkompensasi “hilang” waktu tidur di malam hari. Namun, tidur siang tersebut, apakah teratur atau tidak teratur, akan mengurangi kebutuhan tidur setiap harinya dan juga kantuk. Oleh karena itu, menahan diri dari tidur siang dapat membantu orang tua untuk mencapai tidur yang lebih baik di malam hari. Jika mereka merasa mengantuk di sore hari, mereka bisa pergi berjalan-jalan atau melakukan sesuatu yang lain untuk mengurangi rasa kantuk. Secara umum, pola tidur yang teratur sangat penting untuk mencegah atau meringankan insomnia.
Latihan

Beberapa orang tua ingin melakukan latihan sebelum tidur atau setelah bangun dari tidur untuk membantu tertidur lagi. Ini tidak tepat. Untuk membantu tertidur lagi, mereka harus mencoba kegiatan yang lebih ringan dan tenang seperti merajut atau membaca majalah (bukan yang menarik). Adalah berguna sekali melakukan latihan di siang hari untuk membantu tidur dengan baik di malam hari.
Obat

Lansia dengan insomnia kronis harus mencari nasihat medis. Penggunaan pil tidur tanpa resep berbahaya. Merokok, dan minum alkohol, kopi dan teh memiliki efek negatif pada tidur dan harus dihindari.

Informasi Terkait:

  • Penuaan >>
  • Stress pada Lansia  >>
  • Keamanan obat >>

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s