Low Back Pain – Nyeri Punggung Bawah (LBP)

plb_lowbackpainNyeri punggung bawah, dikenal dengan istilah LBP, adalah masalah medis yang sangat umum. Ada banyak penyebab LBP termasuk cedera, penyakit dan degenerasi. Postur yang buruk mempercepat perubahan degeneratif tulang belakang. Oleh karenanya, postur tubuh yang tepat sangat penting.
Postur yang baik membantu untuk mencegah cedera dan kelelahan (fatigue) yang tidak perlu yang dapat terjadi ketika tubuh tidak dalam keselarasan.
Jika Anda menderita LBP, evaluasi oleh dokter akan membantu mengidentifikasi sumber nyeri spesifik dan mengarah pada rencana perawatan perorangan.
Jangan gunakan pengobatan sendiri untuk waktu yang lama karena hal itu mungkin memiliki efek samping, terutama di kalangan orang tua yang boleh jadi mendapatkan pendarahan lambung akibat dari obat penghilang rasa nyeri.
Postur yang Tepat dan Perawatan

Bagian tengah punggung terdiri dari syaraf tulang belakang dikelilingi oleh otot dan sendi/ligamen. Dilihat dari samping, tulang belakang adalah berbentuk “S”. Ini harus dipertahankan untuk fungsi efektif dari syaraf tulang belakang dan stres minimal pada otot dan ligamen.

1. Berdiri

Ketika berdiri, jagalah tubuh Anda lurus dengan telinga, bahu dan pinggul tegak secara vertikal. Bahu Anda tidak boleh ditekuk ke dalam atau miring ke depan. Pinggul Anda tidak boleh tertekuk atau direntang paksa (hyper-extended). Tarik perut Anda masuk. Pastikan dagu Anda tidak diangkat terlalu tinggi dan kepala Anda tidak menunduk. Gunakan otot perut untuk menjaga dada Anda terangkat dan pungdung Anda tertopang.

2. Duduk

Duduklahdengan punggung dan paha pada sudut 90 derajat. Jaga punggung lurus, pinggul Anda dalam posisi netral dan kaki datar di lantai; atau kaki Anda dapat beristirahat di kursi atau bangku untuk stabilitas. Jaga pinggul Anda menempel dengan sandaran kursi. Pelihara lengkungan (kurva) pada tulang belakang Anda. Anda dapat menggunakan penopang lumbar support atau handuk yang digulung ditempelkan ke kursi di punggung bagian bawah. Jika memungkinkan, sering ubah posisi, dan menghindari lama duduk. Gunakan kursi yang menopang punggung bawah dengan tinggi tempat duduk dan kedalaman kursi yang tepat. Duduk dalam posisi berselonjor akan membuat punggung Anda sakit. Untuk mencegah sering punggung sering memutar, dapat digunakan kursi putar. Hindari duduk bersila berlama-lama. Jika Anda harus mengemudi di perjalanan panjang, berhenti sesekali dan keluar dari mobil untuk meregangkan badan dan punggung.

3. Tidur

Tidurlah di kasur yang “keras” untuk mendukung punggung Anda. Kasur ini tebalnya harus sekitar 5 cm, di taruh diatas papan kayu. Jika diperlukan, Anda dapat menempatkan bantal atau handuk digulung di bawah lutut Anda ketika tidur terlentang. Ketika tidur di samping lutut Anda harus ditekuk, mungkin dengan mengepit bantal. Gunakan hanya satu bantal untuk kepala Anda. Hindari tidur di perut Anda.

4. Kegiatan sehari-hari

Menekuk tubuh ke depan menempatkan banyak tekanan pada tulang belakang. Dalam kegiatan sehari-hari, penting untuk melindungi tulang Anda dengan selalu menjaga lurus/tegak. Daripada membungkukkan punggung, tekuklah lutut Anda. Hal ini penting diperhatikan ketika Anda membawa beban berat atau bahkan ketika hanya mengikat tali sepatu atau memungut benda kecil. Setelah gerakan membungkuk, ambil sebentar peregangan untuk menjaga lengkung/kurva alami tulang belakang.

5. Lifting dan transfer

Gunakan metode yang tepat dan aman untuk mengangkat dan menggerser benda/barang. Misalnya, jika Anda harus mengangkat kotak dari lantai dan meletakkannya di atas meja ke kanan Anda, Anda harus jongkok untuk mengangkat kotak, kemudian berdiri tegak, dan putar dengan kaki Anda untuk meletakkannya di meja. Ingatlah untuk memegang benda dekat/menempel dengan tubuh karena dengan demikian mengurangi sedikit ketegangan pada tulang belakang; dan jangan pernah memutar tubuh Anda ketika punggung Anda dibungkukkan.

Sementara turun dari tempat tidur, pertama-tama putar badan Anda ke sisi kearah mana Anda akan turun. Letakkan kedua kaki di lantai, kemudian bangun dengan menopangkan kedua tangan di tempat tidur.

Proses sebaliknya harus digunakan ketika berbaring di tempat tidur.

6. Latihan

Olahraga yang tepat membantu memelihara kesehatan dan kebugaran umum Anda. Melalui latihan, kekuatan dan fleksibilitas punggung dapat dipertahankan atau ditingkatkan. Namun, jika latihan dilakukan secara tidak benar, Anda mungkin menciderai tulang belakang Anda. Selalu ingat untuk melakukan latihan pemanasan, dan meminta nasihat bila ragu.

Struktur tulang belakang sangat rumit dan nyeri punggung dapat sulit untuk disembuhkan. Oleh karenanya postur tubuh yang tepat sangat penting dalam menjaga kesehatan tulang belakang Anda. Jika Anda menderita sakit punggung, Anda harus meminta saran dari dokter atau akhli fisioterapi untuk pengobatan yang tepat dan olahraga yang tepat untuk mengurangi rasa sakit.

(Sumber: Health Problems of the Elderly, Hong Kong Department of Heath)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s